Selasa, 31 Mei 2016

Tips Memulai Bisnis Makanan Ringan

Berkembangnya tren usaha di bidang kuliner membuat banyak kalangan berlomba-lomba memulai bisnis ini. Berdasarkan modal dan keuntungan bisnis kuliner yang paling menguntungkan dan menjandikan ialah bisnis makanan ringan.

Hal  ini mengingat bahwa dalam berbisnis makanan ringan, kita tidak perlu mahir memasak. Karena untuk memulai bisnis ini, di awal dapat dilakukan dengan menjadi reseller. Menjadi reseller produk makanan ringan, akan lebih dipermudah karena tidak membutuhkan modal awal yang cukup besar.

Namun bagi yang mahir memasak, ini merupakan suatu bisnis yang fleksibel waktunya dan luas pemasarannya. Anda dapat melakukan pembuatan makanan ringan sendiri dengan inovasi baru seperti keripik dari sayuran, buah-buahan atau yang lainnya. Untuk pemasarannya dapat melalui sosial media dan situs jual beli online agar produk Anda dapat dikenal oleh pembeli di dunia maya. Berikut trik-trik untuk memulai bisnis makanan ringan.

Menjadi reseller produk makanan ringan, sebaiknya terlebih dahulu melakukan perbandingan harga di agen-agen. Pilihlah harga yang lebih terjangkau untuk dijual kembali dengan pertimbangan kemasan makanan ringan tersebut. Agar konsumen lebih tertarik untuk membeli, buatlah desain kemasan yang unik dan trendi. Ciptakan image baru yang lebih bagus dari produk makanan ringan tersebut.

Bagi yang mahir memasak dapat menciptakan inovasi baru, mulai dari bahan baku hingga variasi rasa produk Anda. Sediakan sedikit sampel produk untuk testimoni calon pelanggan atau orang-orang di sekitar. Dengan begitu dapat menanyakan kelebihan dan kekurangannya. Sehingga, pada produksi selanjutnya dapat mengevaluasi produk Anda sesuai dengan selera konsumen.

Untuk strategi pemasaran produk makanan ringan, Anda harus memperluas relasi agar dapat menjalin kerjasama dengan beberapa pihak. Tentu yang dapat menunjang usaha kuliner milik Anda. Seperti dengan pihak event organizer, perusahaan, atau yang lainnya. Selain memasarkan melalui kerja sama dengan pihak-pihak tersebut, Anda juga dapat memasarkannya melalui media sosial.

Persiapkan mental Anda dengan berpikir positif dan memiliki keyakinan yang kuat akan kesuksesan bisnis makanan ringan tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan agar dapat menjalankan bisnis secara konsisten dan terstruktur.

Untuk menguji keamanan dan kualitas produk Anda, ada baiknya untuk mendaftarkan merek makanan ringan ke departemen kesehatan atau ke PIRT. Ini bertujuan untuk mendapatkan nomor ijin resmi produk buatan Anda. Sehingga lebih menjamin kesehatan dan menyakinkan calon konsumen.
Sebelum menetapkan harga yang pas bagi produk Anda, lakukan survey pasar tentang harga makanan ringan sejenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar